Minggu, 14 Juli 2013

Pejuang salah jurusan

Awal masuk SMA, tujuan saya jelas mau masuk IPA.
Kenapa IPA? Karena saya mau jadi dokter. Dan saya suka sama pelajaran IPA. Terutama Biologi

Sebelum kelas ditentukan, kami disaring melalui test tertulis untuk menentukan siapa yang layak masuk kelas bilingual.
Apa itu kelas bilingual?
Kelas dua bahasa dan bisa dibilang unggulan lah ya.
Sebelumnya saya ingin sekali masuk kelas ini. Kelas yang menurut saya banyak kelebihannya.
Tapi waktu ada test saringan itu saya sama sekali nggak belajar. Sama sih, dari dulu juga kalo ada test apa-apa saya emang ga pernah belajar.
Tapi udah ga belajar, ngerjain nggak serius, pakek ngobrol sama temen segala. Arep dadi opo kowe nduk....-_-

Setelah ujian saringan itu diperiksa, dan diumumkan, saya gagal jadi anak biling. Yah... Belum rejeki mungkin. Lah? Kamu tuh ya, gimana mau dikasih rejeki? Kamu aja ga ada usahanya gitu. Udah ga belajar, ga serius pula ngerjainnya. Hih
*ngomong sama kaca*

Yaudah deh saya jadi anak regular. Saya tetap mensyukuri itu kok. Saya memang belum pantas untuk masuk kelas itu.
Tapi setidaknya walaupun saya belum mendapat kesempatan masuk kelas unggulan, saya bertahan dapat ranking unggulan buat 2 semester pertama di SMA.

Kesempatan masuk kelas bilingual hanya ada saat awal masuk sekolah.
Tapi diam-diam saya masih menyimpan harapan untuk menjadi seorang siswi di sana. Saya menulis harapan tadi di 'Dream Book' yg saya punya sejak lama.


Entahlah apa yg saya pikirkan. Saya tau harapan itu adalah impossible. But I found it I'm possible. Saya diberi jalan oleh Tuhan untuk menjadi bagian dalam kelas bilingual.
Saya sempet denger kalo kelas bilingual itu kelas yang mengerikan.
Kalau saya masuk kelas itu, saya bakal ga punya waktu banyak untuk main, belajarnya capek sampe sore, nilai yang harus dicapai pun tingginya lebih dari nilai yang harus dicapai anak regular, belum lagi ada tugas segambreng yang harus dikerjakan secara individu atau kelompok.
Saya pikir, dengan masuk ke kelas itu, saya ga akan ngerasain indahnya masa SMA.
Mama saya sangat menginginkan saya masuk kelas bilingual sejak dulu.
Sedangkan papa saya menyerahkan 100% keputusan kepada saya, asal saya bisa bertanggungjawab.
Saya mikir keras. Mempertaruhkan masa-masa yg seharusnya terindah menjadi masa-masa full belajar.
Saya lihat mata mama penuh harap, dan saya memutuskan untuk menjadi bagian dari kelas tersebut.

Awal masuk kelas IPA 1, saya merasa nyaman. Jauh lebih nyaman dari kelas sebelumnya. Teman yang baik, peduli, kreatif dan pintar tentunya.
Masuk kelas ini memang berat tanggungjawabnya.
Nilai harus lebih tinggi dari regular, harus lebih baik, harus bisa dijadikan contoh, harus berangkat pagi pulang sore, harus mengerjakan tugas yang banyak, kerja kelompok, belum lagi ikut bimbel diluar sekolah. Dan kami selalu dibully karena di 'anak emaskan'
Tapi saya salah... Saya tetap bisa merasakan masa-masa terindah saya di SMA.
Semester pertama, kelas 11 saya dikasih birthday surprise yg bikin bahagia gak kira-kira. Ada di postingan pertama dgn judul 16th.

Saya suka pelajaran IPA semuanya. Iya, saya mampu dan menikmati pelajaran-pelajaran yang kata orang mematikan itu.
Sampai masuk kelas 11, saya merasa tidak dapat mengikuti pelajaran IPA dengan baik. Saya berusaha memperhatikan guru, duduk di depan sambil pandangan fokus kedepan. Tapi apa? Saya masih merasa tidak bisa menerima dengan baik. Dan hampir tiap pelajaran IPA tak pernah terlepas dari remedial.
Saya stress. Saya berani bilang kalo saya stress karena mens cycle saya berubah. 1 bulan 2x. Abnormal.

Saya berusaha untuk terus belajar karena saya harus bisa lulus UN.
Hingga saya menempuh kelulusan itu dengan nilai yang hanya besar di pelajaran bahasa.

Kemudian 1 bulan kemudian saya mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Atas potensi dan minat yang sudah saya telusur kemudian ketahui, saya memilih jurusan sastra.
Jika saya memilih sastra, saya harus mengerjakan tes dengan kemampuan IPS.
Saya belajar IPS dalam waktu +- 1 bulan dan hasilnya fantastik! Saya keterima di Perguruan Tinggi Negeri yang sejak lama saya impikan.
Dan disini saya simpulkan, bahwa ternyata saya salah jurusan.
3th belajar IPA = nilai UN kecil
1 bulan belajar IPS = masuk PTN impian :)

1 komentar:

  1. Good story..congratulation adik manis..sukses slalu ya..jangan lupa terus berdoa dan beribadah...semoga sehat..salam

    BalasHapus