Minggu, 19 April 2015

Internationaal Congres 45 jaar Studie Nederlands


Ini hidup yg pernah ku cari.
Tahu rasanya memimpikan sesuatu, lalu jadi kenyataan? Terjadi persis seperti yg kamu inginkan, atau bahkan lebih hebat dari ekspektasimu? Aku pernah.
Pada tahun kedua kuliahku di program studi Belanda Universitas Indonesia, jurusan kami mengadakan Internationaal Congres 45 jaar Studie Nederlands yg membawa tema 'Multiculturaliteit in Taal, Literatuur en Cultuur' pada tanggal 14-17 April 2015.
Aku bersama 11 teman tingkat 2, dan 12 teman tingkat 3, terpilih dari audisi untuk mengisi acara kongres.
Kami dilatih dalam waktu yg sangat singkat, hanya 3 hari.
Ada juga mahasiswa tingkat 1 yg dilatih oleh dosen
Mahasiswa tingkat 2 dibimbing oleh Peter Schoenaerts dan Anna Rottier.



Peter Schoenaerts adalah salah satu artis yg berasal dari Belgia. Peter bekerja untuk majalah Humo, dan dia juga seorang guru bahasa. Dia menguasai bahasa Belanda, Jerman, Perancis, Inggris, dan Spanyol.
Kami latihan di Erasmus Taalcentrum.
Tidak pernah terlintas dipikiranku bahwa suatu hari akan bertemu dengan penyanyi lagu favorit pertamaku dalam bahasa Belanda 'Wie Ben Jij?'
Oh mijn God, Peter is de zangers van mijn eerste favoriete liedje in het Nederlands!
Ongeloofelijk!
Aku kaget. Dan senang sekali tentunya bisa dilatih oleh artis dan penyanyi dari Belgia ini.

Ini Peter Schoenaerts - aku - Anna Rottier

Ini teman-teman tingkat 2 yg dilatih oleh Peter dan Anna secara intensif selama 3 hari di Erasmus Taalcentrum.
Farhan - aku - Nanta - Shabrina - Vinny - Safira - Audrey - David - Danur - Tamara - Windy

Mahasiswa tingkat 3 dilatih oleh 



Yg baju putih itu Lennaert dan yg baju Merah adalah Andries.

Lennaert Maes dan Andries Boone. Mereka berdua adalah bagian dari grup musik yg terdiri dari 4 orang. Bersama Andrea, dan Chris.
Ik vind dat ze heel aardig zijn.
Mereka sangat ramah sekali!
Padahal aku bukan anak yg dilatih sama mereka, tapi mereka ramah banget sering 'say hello'. Dan keduanya pernah bilang "Je bent mooi met je bril" hahaha
Dan mereka jadi pangling waktu ketemu di kongres karna ik heb mijn bril niet gedraagd :p
Peter ook! Dia ga ngenalin aku waktu aku ga pake kacamata.
Tapi karena aku pake name tag, Peter bilang "Oh je bent Cindy, sorry... Haha"
Alih alih dilatih sama artis dari Belgia, ternyata di Erasmus pun lagi ada Arifin Putra, Chico Jerryko, dan Ge Pamungkas yg lagi belajar bahasa Belanda buat main film Negri Van Oranje. Waaaah! Susah nahan diri buat ngga histeris ngeliat aktor yg terakhir ku lihat di film The Raid 2 "The Brandals". Dan...... Doi ramah banget. Ku dipeyuk....:'3



Oke skip skip, itu cuma kebetulan aja sih.
Lanjut ke hari pertama kongres, hari selasa 14 April 2015 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.
Pada pembukaan ada sambutan dari mevrouw Eliza Gustinelly (Voorzitter congrescomité), Kees Groeneboer (directeur van Erasmus Taalcentrum), Marc le Clercq (Nederlandse Taalunie), Dr. Adrianus L.G Waworuntu (Dekan FIB),Prof. dr. Ir. Muhammad Anis (Rektor Universitas Indonesia), Z.E. Dhr. Rob Swartbol (Duta besar kerajaan Belanda), dan Z.E. Dhr. Patrick Herman (Duta besar kerajaan Belgia).
Setelah itu ada Po√ętisch Kleurpalet! Yaitu penampilan pembacaan puisi dan lagu oleh mahasiswa Program Studi Belanda tingkat 1.
Lalu ada pauze untuk mengambil hapjes. Untuk ngemil-ngemil dan minum teh/kopi.
Ada ceramah dari Gerard Termorshuizen tentang gimana dulu untuk pertama kalinya mengadakan program studi belanda, membuat Fakultas sastra bersama-sama dengan program studi Cina dan Rusia di Rawa Mangun.
Setelah lunchpauze ada kuliah umum untuk tingkat 1 dan tingkat 2.
Tingkat 2 oleh Meneer Kees Snoek. Gatau kenapa gitu langsung sayang ngeliat meneer Kees Snoek, kayak ngeliat papa. Ngga deng, kayak ngeliat Opa. Dia berusaha ngomong pake bahasa Indonesia, dan terlihat mikir keras buat ngomong pake bahasa Indonesia. Udah gitu, ngomongnya kayak engos-engosan. Kayak udah renta banget :( Jadi kasian liatnya, padahal kalo dia ngomong pakai bahasa Belanda pun gapapa. Yakin kok anak2 pasti udah ngerti.



Hari kedua kongres, rabu 15 April 2015.
Ada ceramah dari Pamela Pattynama tentang Tjoet Nja Dien.
Ada Het Ta(a)lent! Ini dia mahasiswa tingkat 3 yg dibimbing oleh Lennaert dan Andries selama 3 hari di Erasmus Taalcentrum. Menampilkan nyanyian dari bahasa indonesia dan bahasa inggris yg diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda. Demi apapun, aku minder dan makin degdegan setelah liat mereka tampil dengan begitu meriahnya tepuk tangan penonton.
Ada kuliah umum lagi, buat mahasiswa tingkat 1 dan tingkat 2 oleh Ena Jansen dan Olf Praamstra.
Setelah makan siang, ada Indotour! 



Yaitu penampilan dari grup musiknya Lennaert dan kawan-kawan. Yg ini seru pokoknya.


Hari ketiga, 16 April 2015.
Ada hoofdlezingen oleh meneer Kees Snoek dan Widjajanti Dharmowijono.
Lalu ada Applause voor Taal!


 Yaitu penampilan puisi, story telling, dan toneelstuk oleh mahasiswa tingkat 2.
Sebenernya, aku ikut audisinya nari, tapi ternyata disini aku sama sekali ga nari. Sejujurnya aku ga suka bicara di depan orang banyak, ga berani. Aku lebih suka nari di depan orang banyak daripada harus bicara. Tapi ya gimana ya kalo udah kepepet ya dibisa-bisain. Entah deh itu demam panggung sebelum tampilnya berapa hari udah empot-empotan jantung adek. Haha. Tapi untungnya aku ga ada lupa dialog, dan lancar. Ngga seburuk yg aku bayangkan waktu demam panggung.
Setelah itu ada kuliah umum lagi nih. Kali ini oleh dosen dari Leiden. Masih muda dan ganteng :p


Namanya Rick Honings.
Setelah lunchpauze ada pemutaran film Sonny Boy.
Hari terakhir, 17 April 2015 di kebun raya bogor.
Ada sambutan untuk penutupan oleh Z.E. Dhr. Shefferon Kartowikromo (Duta besar Suriname) dan mevrouw Eliza.
Lalu kami diberikan waktu luang untuk berkeliling kebun raya bogor dan makan siang.
Di waktu luang ini, aku dan teman-teman memilih untuk main Ta' Benteng. 2013 vs 2012.

Posisi siap menyerang benteng lawan.

Ada Hendra lagi manjat pohon.
Sebagian temen 2013 yg main ta' benteng.

Pada capek abis menang 2-0.

Permainan tradisional yg mungkin sudah dilupakan oleh anak-anak kecil jaman sekarang. Ik vind het echt leuk om ta' benteng te samenspelen.
Setelah menghabiskan waktu luang, ada penampilan dari Erasmus Zangers dan Caramba!
Waktu awal erasmus zangers membawakan lagu katy perry - Roar yg diterjemahkan ke bahasa belanda, dosen dosen menyuruh kami agar jadi tim hore di depan biar rame. Tapi masih pada ogah-ogahan karna malu joget di depan. Tapi di akhir penampilan erasmus zangers, dosen fonetik fonologiku bilang "yang maju ke depan fonfolnya lulus!" Katanya bercanda. Langsung lah angkatan 2013 maju ke depan panggung karna tawarannya lulus fonfol :p
Lalu waktu Caramba mulai membawakan lagu, kami jogedan di depan panggung :p




Makin lama makin ramai orang ke depan, mulai bikin lingkaran, gandengan. Tiba-tiba ada Peter gandeng tangan adek wkwk :p
Kami bersenang-senang dalam meriahnya acara penutupan ini yg diiringi oleh Caramba.
Caramba adalah band dari Belanda. Aliran musik meksiko namun lagunya berbahasa Belanda.
Caramba meminta 4 perempuan untuk naik ke atas panggung. Aku dan teman-teman ngedorong Adis sampe tangga buat naik ke atas panggung, pas mau turun, teman-teman malah dorong aku naik ke atas panggung juga. Akhirnya aku, Adis, Zenny dan kak Anggun naik ke atas panggung. 
Baju hitam: Caramba
Baju putih: Zenny - Cindy - Adis - kak Igun

Jorris Linsen bilang "Ze zijn de mooiste vrouwen van Bogor!" Wkwkwk padahal udah kucel, cerumut, muka merah, berantakan, keringetan basah semua bajunya abis ajrut-ajrutan. Dan malu. 
Akhirnya kita berempat joget di atas panggung deh.
Sekian dulu cerita pengalaman yg mungkin tidak terlupakan ini.

Voor Anna en Peter, ik ben heel echt blij dat ik met jullie kan samenwerken. Het is een nieuwe ervaring die ik zal niet vergeten. De workshop ook heel gezellig!! Ik voel me super leuk. Hartelijk dank Anna, hartelijk dank peter.

En ook voor Lenny en Andries, jullie zijn gastvrij! Hehe. Ik ben blij om jullie te ontmoeten. Ook veel selfie foto's kan maken :p. Ik zal jouw liedje in het CD's horen. Ik vind dat jouw liedjes leuk is en makkelijk om te begrijpen.

Kusjes,
Cindy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar